Minggu, 16 Oktober 2016

kesehatan

5 Manfaat Tersembunyi Dari Jamu



Kamu suka minum jamu? Jamu apa yang pernah kamu minum? Apa rasa jamunya, pahit atau manis? 
Jamu adalah minuman tradisional yang terutama terkenal di daerah Jawa. Bagi perempuan Jawa, minum jamu seperti sebuah kebiasaan yang harus dilakukan alias minuman wajib. Beberapa jamu dipercaya memiliki khasiat tertentu yang bermanfaat bagi tubuh. 

Jamu memang terkenal dengan rasanya yang pahit. Sering kali jamu ditambahkan madu terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Tujuannya tentu untuk mengurangi rasa pahit dengan rasa manis dari madu.
Manfaat jamu sendiri tidak perlu diragukan lagi. Jamu sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan juga kecantikan. Berikut adalah beberapa jenis jamu beserta manfaatnya yang harus kamu ketahui.


1. Jerawat? Coba Jamu Beras Kencur


Gambar sehat dan Budar dengan Jamu Beras Kencur via anekajus.com 


Beras Kencur adalah salah satu jamu yang paling populer di masyarakat. Jamu yang satu ini juga digemari karena rasanya yang cenderung manis dan tidak terlalu pahit. Jika diminum dengan es batu di siang hari, Beras Kencur akan terasa sangat segar dan enak.

Beras Kencur berbahan dasar kencur dan beras, ditambahkan jahe dan gula merah. Sering kali, jamu ini ditambahkan biji kedawung atau biji kapulaga. Terkadang beberapa peracik jamu menambahkan bahan lain yang tujuannya untuk menambah khasiat dari jamu yang warnanya putih kecoklatan ini.

Manfaatnya tidak perlu diragukan lagi. Jamu Beras Kencur terkenal ampuh menghilangkan pegal-pegal dan linu, terutama setelah bekerja. Selain itu, Beras Kencur juga dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat dan melangsingkan tubuh. Bagi mereka yang sedang tidak berselera makan, Beras Kencur juga mampu meningkatkan nafsu makan dan menambah stamina.


2. Nyeri Saat Haid? Coba Minum Jamu Kunyit Asam

 Gambar Jamu Kunyit Asam via 4.bp.blogspot.com

Selain Beras Kencur, jamu lain yang populer dan menjadi favorit adalah jamu Kunyit Asam. Orang kebanyakan mengenal si kuning ini dengan nama Kunir Asam. Jamu ini diracik dengan bahan utamanya adalah kunyit dan buah asam. 
Beberapa peracik jamu juga menambahkan bahan lain seperti daun asam, temulawak, dan biji kedawung. Untuk pemanis, jamu yang satu ini menggunakan gula merah. Untuk menambah rasa asam, sering kali ditambahkan jeruk nipis.

Soal rasa, tenang saja, kamu tidak perlu khawatir. Jamu kunyit asam rasanya tidak pahit, bahkan cenderung manis dan asam. Terkadang ada yang merasa belum mantap minum yang satu ini jika belum ditambahkan garam atau bahkan daun sirih. Penambahan daun sirih dipercaya membantu kesehatan terutama pada perempuan usia lanjut.

Jamu Kunyit Asam dipercaya dapat meringankan gejala panas dalam bahkan sariawan. Si kuning ini juga bisa memperlancar haid, termasuk mengurangi rasa sakit yang hinggap selama fase menstruasi berlangsung. Jadi, saat kamu, para perempuan sedang haid, jamu ini sangat dianjurkan, bahkan diminum beberapa hari sebelum anda haid.

Selain itu, jamu Kunyit Asam juga memiliki khasiat lain, seperti membersihkan dan mencerahkan warna kulit, mengurangi kandungan lemak dalam tubuh, dan meremajakan sel tubuh. Kunyit asam juga dapat menyembuhkan dan mengobati bekas luka.

 

3. Ingin Singset? Galian Singset Jawabannya

Jamu Galian Singset dalam Kemasan via www.obatherbal88.com 

Mengenai rasa, harus diakui bahwa Galian Singset adalah salah satu jamu yang rasanya cukup pahit, apalagi jika tidak ditambah jeruk nipis. Kalau tidak kuat hati dan tahan banting, sebaiknya kamu jangan minum jamu yang satu ini.

Kalau kamu berani minum jamu yang satu ini, manfaatnya akan besar bagi tubuh. Seperti namanya, jamu ini bisa membuat badan kamu singset alias langsing. Bukan hanya itu, jamu ini juga dapat mengencangkan kulit, bahkan daerah kewanitaan.

Jamu Galian Singset dapat menurunkan lemak tubuh sehingga membuat penampilan kamu lebih menarik. Galian Singset diracik dengan rempah-rempah tradisional seperti kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, dan ketumbar. Kompleks bukan bahannya? Jangan salah, manfaatnya pun terjamin dapat kamu rasakan dan terbukti benar adanya.

 

4. Gangguan Kewanitaan? Jawabannya adalah Jamu Kunci Sirih

Gambar Jamu Kunci Sirih dalam Kemasan via 2.bp.blogspot.com 

Mungkin jamu yang satu ini jarang dikenal di masyarakat. Kamu juga mungkin tidak pernah mengenal jamu yang satu ini. Berbahan dasar kunci (semacam akar-akaran) dan sirih, jamu ini dipercaya membantu mengatasi gangguan kewanitaan.

Peracik jamu sering kali menambahkan bahan lain seperti jahe, kencur, kapulaga, kayu manis asam jawa, serai, jeruk nipis, gula jawa, garam, buah delima, bahkan pinang dan manjakani untuk memperkaya khasiat jamu ini. Merapatkan daerah kewanitaan bahkan dapat mengatasi masalah keputihan bisa kamu rasakan jika mengonsumsi jamu yang satu ini. 

Rasanya tidak sepahit galian singset. Ada yang mengatakan pula bahwa jamu ini dapat mengecilkan rahim di perut, Manfaat lainnya adalah dapat menghilangkan bau badan yang tidak sedap dan memperkuat gigi. Karena manfaatnya, jamu Kunci Sirih banyak dikonsumsi perempuan, terutama ibu-ibu.


5. Coba Rasakan Manfaat Jamu Pahitan

Gambar Salah Satu Jamu Pahitan, Brotowali via 2.bp.blogspot.com

Jamu pahitan, dari namanya saja sudah bisa ditebak dan dikira bahwa jamu yang satu ini rasanya sangat istimewa. Mungkin bisa dikatakan bahwa inilah jamu yang memang rasanya sesuai dengan identiknya jamu dengan rasa pahit. Eits, tapi nanti dulu, kamu yakin mau langsung menghindari jamu yang satu ini sebelum mengenal manfaatnya?

Jamu Pahitan diracik dengan bahan tradisional utama, yaitu daun sambiloto. Beberapa peracik jamu sering pula menambahkan berbagai bahan lain mulai dari brotowali, daun meniran, lempuyang, lengkuas, serai, widoro laut, temu ireng, doro putih, babakan pule, dan adas. Bahan-bahan tersebut mungkin asing terdengar di telinga kita, tetapi manfaatnya harus kita kenal secara khusus.

Jamu yang warnanya gelap ini dikenal bisa mencegah atau menurunkan risiko diabetes. Selain itu, bagi kesehatan, jamu pahitan juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lebih hebatnya lagi, jamu ini juga disinyalir sebagai terapi untuk cuci darah.
Bagi kamu yang sering mengalami sakit kepala atau pusing, Jamu Pahitan juga bisa jadi salah satu alternatif yang dicoba. Tidak cukup dengan beberapa menfaat luar biasa tersebut. Jamu Pahitan juga dipercaya mampu menghilangkan bau badan tidak sedap, mengobati gatal-gatal, dan menghilangkan jerawat.


sumber

2 komentar: